Image: 

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat di mana ummat Muslim menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Menjaga kebugaran tubuh menjadi salah satu kunci agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Selama berpuasa, pola makan tentunya mengalami perubahan karena tubuh sudah harus menerima asupan makanan sebelum adzan Shubuh, dan berbuka saat Maghrib. Agar tubuh tetap bertenaga dan tidak mudah mengantuk di siang hari, kita butuh melakukan penyesuaian. Ada banyak strategi yang dapat dilakukan selama bulan yang penuh berkah ini, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Kurangi asupan sodium dan terlalu banyak glukosa

Glukosa atau segala jenis gula memang dapat menambah tenaga dalam waktu cepat, namun tak bertahan lama. Sedangkan saat berpuasa, kita membutuhkan cadangan energi yang dapat bertahan lama. Selain itu, glukosa mengandung kalori yang tinggi dan dapat menyebabkan berat badan meningkat dengan cepat. Kita juga tak memerlukan sodium atau garam dalam jumlah banyak karena dapat menyebabkan kita haus di siang hari.

2. Mengonsumsi protein dan makanan berserat, serta karbohidrat kompleks

Makanan yang berserat banyak didapat dari jenis buah dan sayur, makanan jenis ini dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga urusan buang air besar pun lancar. Sedangkan protein baik untuk mengembalikan kerja sel-sel tubuh yang rusak atau hilang dan banyak ditemukan pada jenis makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, telur dan segala makanan dari susu.

3. Jangan mengonsumsi terlalu banyak makanan saat sahur atau melewatkannya

Jangan sampai melewati makan saat sahur karena tubuh tetap membutuhkan energi di siang hari, tentunya dengan menu makanan sehat yang kaya akan serat. Jangan lupa juga untuk banyak minum di malam hari untuk mengimbangi kebutuhan air di dalam tubuh pada saat berpuasa. Hindarilah untuk makan banyak saat sahur karena dapat membuat perut begah sehingga mengganggu aktivitas kita.

4. Olahraga ringan setelah berbuka

Berolahraga saat menjelang berbuka atau setelah berbuka juga dianjurkan. Bukan hanya dapat membuat otot-otot tetap terjaga fungsinya dengan baik, tapi juga menghindarkan kita dari kemungkinan berat badan yang naik karena banyak mengonsumsi makanan manis. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup yang ringan-ringan saja seperti berjalan kaki atau peregangan seperti yoga.

5. Minum yang cukup

Dehidrasi sering terjadi pada mereka yang sedang berpuasa. Ini disebabkan kurang tercukupinya kebutuhan minum untuk sehari penuh. Minumlah 8 gelas perhari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, sebaiknya air putih dan bukan air yang dicampur dengan gula seperi sirup atau soft drink. Selain menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, cukup minum juga menghindarkan kita dari bau mulut karena produksi saliva atau air ludah tetap dapat terjaga dengan baik.

6. Hindari kafein

Kopi mengandung kafein, suatu zat yang dapat membuat pikiran kita terjaga. Banyak orang yang memiliki kebiasaan minum kopi setiap hari, namun di Bulan Puasa ini, sebaiknya kita juga ‘puasa’ minum kopi. Minum kopi, terutama di saat sahur, hanya akan membuat Anda merasa haus di siang hari. Hal ini karena teh bersifat diuretik dan membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui berkemih.

7. Cukup tidur

Sahur membuat kita harus bangun lebih pagi sekitar 1-2 jam dari biasanya, ini dapat membuat tubuh kurang istirahat dan lebih mudah mengantuk di siang hari. Untuk mengatasinya, tidurlah lebih cepat, misalnya setelah Shalat Tarawih. Jika ada waktu, kita dapat mengistirahatkan diri sejenak setelah Shalat Dzuhur. Kurang tidur dapat memengaruhi kinerja otak dan menyebabkan banyak penyakit serta ancaman obesitas.

Dehidrasi dapat memengaruhi kesehatan mata

Tak banyak orang yang tahu bahwa jika kita kekurangan cairan, fungsi mata pun dapat mengalami gangguan. Tubuh kita memerlukan cairan agar seluruh organnya berfungsi dengan baik, dehidrasi menyebabkan banyak organ akan mengalami gangguan, termasuk mata.

Cairan pada bola mata kita berfungsi untuk membersihkan permukaan mata dari debu dan kotoran yang menempel. Mata kering menyebabkan gatal, berair, pandangan kabur atau terasa ada yang mengganjal. Mengatasi mata kering dapat dilakukan dengan cara minum air putih yang cukup dan bisa juga dengan menggunakan tetes mata khusus mata kering seperti Insto Dry Eyes dengan kemasan praktis yang dapat dibawa ke mana pun kita pergi.

Jagalah selalu kesehatan kita selama berpuasa!

Referensi:

Quick fact

Cairan pada bola mata kita berfungsi untuk membersihkan permukaan mata dari debu dan kotoran yang menempel. Mata kering menyebabkan gatal, berair, pandangan kabur atau terasa ada yang mengganjal. Mengatasi mata kering dapat dilakukan dengan cara minum air putih yang cukup dan bisa juga dengan menggunakan tetes mata khusus mata kering seperti Insto Dry Eyes dengan kemasan praktis yang dapat dibawa ke mana pun kita pergi.

Related