Image: 

Ayo Rencanakan Liburanmu Sekarang Juga!

Long weekend atau akhir pekan yang panjang akan banyak dijumpai di tahun 2018. Ayo segera buat rencana liburan sejak jauh-jauh hari agar kita bisa menikmatinya dengan maksimal.

Ya, liburan di akhir pekan merupakan sebuah ‘treat’ yang menyenangkan. Apalagi jika selama beberapa minggu terakhir ini waktu Anda tersedot dengan aktivitas sehari-hari yang melelahkan. Liburan akan membuat tubuh dan pikiran kembali fresh. Meski waktunya pendek, liburan akhir pekan tetap harus direncanakan dengan baik agar benar-benar dapat dinikmati. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan?  

1. Mintalah cuti jauh-jauh hari

Carilah waktu yang bukan merupakan ‘peak time’ di kantor, sehingga kalaupun harus cuti di ‘hari kejepit’, kemungkinan besar cuti Anda pun akan disetujui atasan. Penentuan cuti ini sangat penting, terutama jika memiliki atasan atau tim yang sangat mengandalkan keberadaan Anda.

2. Atur keuangan untuk liburan

Biasakan menabung/ menyisihkan penghasilan untuk berlibur. Jadi, cash flow sehari-hari tidak akan terganggu untuk keperluan berlibur ini. Menabung diperlukan untuk pembelian tiket dan penginapan juga konsumsi selama berlibur. Membeli tiket perjalanan cukup jauh sebelum waktu keberangkatan biasanya mendapatkan diskon yang cukup besar dari agen perjalanan, ini juga perlu dipertimbangkan.

3. Tentukan tujuan berlibur

Lokasi tentu saja menjadi topik utama yang sering dibahas dalam merencanakan liburan. Carilah tujuan berlibur yang memang sudah lama ingin didatangi namun sesuai dengan budget di dompet. Khusus liburan long weekend, sebaiknya pergilah ke lokasi yang cukup melewati perjalanan 2-3 jam saja, sehingga kita tidak terlalu merasa lelah saat sampai di lokasi.

4. Menyusun itinerary perjalanan

Banyak orang yang senang melakukan backpacking dan tidak terlalu memusingkan itinerary. Lebih senang menjadi petualang di tempat berlibur agar menemukan lebih banyak kejutan. Namun liburan jenis ini memang bukan untuk semua orang. Anda yang ingin berlibur dengan nyaman, pastikanlah membuat itinerary atau detail perjalanan yang lengkap. Mana lokasi yang akan dikunjungi, di mana letaknya dan bagaimana cara mencapainya.

5. Usahakan agar semua senang

Berlibur, terutama bersama keluarga, sering kali menimbulkan masalah jika tidak semua anggotanya seusia atau sama kesukaannya. Pastikan semua orang bisa bersenang-senang di lokasi tujuan. Misalnya, jika orang dewasa ingin datang ke pasar lokal untuk berbelanja, setelahnya, ajaklah anak-anak untuk mengunjungi kebun binatang agar mereka juga girang.   

6. Membawa obat-obatan

Apa gunanya berlibur jika saat liburan Anda malah jatuh sakit? Karenanya, pastikan dalam kondisi fit sebelum dan selama berlibur. Berolahraga teratur, makan makanan yang sehat dan minum vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh. Khusus bagi mereka yang memiliki penyakit bawaan seperti alergi dan turunannya (asma, dermatitis, dll), pastikan untuk selalu membawa obat-obatan pribadi untuk menghindari kekambuhan.

Beberapa obat umum seperti obat sakit kepala, obat mabuk perjalanan dan kelengkapan P3K juga perlu dibawa dalam sebuah kantong khusus. Bawalah selalu Tetes Mata Insto Regular yang mampu meredakan iritasi ringan akibat debu dan polusi dan juga Insto Dry Eyes untuk mengatasi mata kering akibat terlalu lama terpapar AC selama perjalanan.

Nah. Lupakan segala masalah dan pekerjaan Anda sejenak. Nikmati week end sepuasnya, sehingga saat kembali ke rumah, Anda akan kembali merasa segar dan siap menghadapi tantangan baru.

Selamat berlibur!

Referensi

  •  

Quick fact

Beberapa obat umum seperti obat sakit kepala, obat mabuk perjalanan dan kelengkapan P3K juga perlu dibawa dalam sebuah kantong khusus. Bawalah selalu Tetes Mata Insto Regular yang mampu meredakan iritasi ringan akibat debu dan polusi dan juga Insto Dry Eyes untuk mengatasi mata kering akibat terlalu lama terpapar AC selama perjalanan.

Related