Image: 

Kamu penggemar komik? Ada cara baru menikmati komik melalui webtoon alias webcomics. Berikut 5 webtoon yang tidak boleh kamu lewatkan.

Webtoon, atau sering juga disebut webcomics, merupakan komik yang didistribusikan lewat jaringan internet. Webtoon merupakan komik khas yang berasal dari Korea Selatan. Istimewanya, kita dapat membacanya langsung dalam satu strip panjang (satu halaman website). Berbeda dengan manga (komik Jepang) yang biasanya hanya bernuansa hitam putih, webtoon lebih berwarna dan eye-catching.

Untuk menikmati komik jaman now ini, kamu bisa meng-klik Indowebtoon yang menghadirkan berbagai webtoon dari Korea yang sudah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. Nah! Selamat menemukan webtoon favoritmu!

Inilah 5 webtoon paling hits

1.  Lookism

Mengisahkan seorang pelajar SMA bernama Park Hyung Suk yang kerap di-bully karena penampilan fisiknya. Karena sudah tidak tahan lagi, ia memohon kepada ibunya untuk pindah sekolah. Akhirnya dengan uang pas-pasan, Hyung Suk pindah sekolah dan tinggal sendiri jauh dari ibunya. 

Suatu malam saat tidur Hyung Suk terbangun dan mendapati dirinya berubah. Tak lagi bertubuh gempal dan buruk rupa, ia berubah menjadi rupawan, ganteng dan tinggi. Hyung Suk dapat berubah penampilan dalam beberapa waktu, lalu berubah kembali, begitu seterusnya. Ia bertemu dengan banyak teman yang membuat hidupnya penuh warna. 

Menurut pengarangnya Park Taejon, ia tidak punya pesan moral apa-apa. “Saya ingin mereka tidak terlalu memikirkan apa pesan di balik karya saya, cukup apa yang saya gambar dan ceritakan bisa diterima baik oleh pembaca webtoon," ujar pria yang dalam berkarya dibantu oleh dua orang asisten ini. 

‘Lookism’ merupakan salah satu webtoon yang digemari oleh remaja di Indonesia karena tampilan gambar dan ceritanya keren. Alur cerita komik ini dekat dengan kehidupan remaja sehari-hari sehingga membuat ‘Lookism’ mendapat tempat di hati.

2.  Terlalu Tampan

Alur cerita webtoon satu ini unik dan bikin penasaran. Tak heran jika ‘Terlalu Tampan’ langsung naik di posisi Top 3 sejak pertama kali tayang, Maret 2017 hingga saat ini.

Hampir semua cowok di dunia berharap memiliki wajah tampan. Tapi tidak demikian dengan Mas Kulin—tokoh utama dalam komik ‘Terlalu Tampan ini malah menolak untuk hidup dengan wajah rupawan. Lho kok bisa? Cowok bernama lengkap Witing Tresno Jalaran Soko Kulino yang super tampan ini justru sangat membenci kelebihannya itu. Privasinya menjadi terganggu oleh gadis-gadis yang selalu ingin mendekatinya.

Lain halnya dengan adiknya, Okisena (Mas Okis) yang sama-sama punya wajah tampan. Mas Okis memanfaatkan ketampanannya untuk mendekati semua gadis yang ia kenal. Usut punya usut, ketampanan kakak beradik ini terkait genetik. Ayah Mas Okis dan Mas Kulin, Pak Archewe, juga adalah pria yang tampan. Bayangkan saat muda ia punya 1200 mantan.

Inilah karya komikus muda Muhammad Ahmes Avisiena Helvin yang biasa disapa Avisiena dan sang ilustrator, Savenia Melinda Sutrisno. Begitu menariknya, sampai-sampai komik ‘Terlalu Tampan’ ini diterjemahkan dalam bahasa Thailand. 

3. Kecoa dan Dendam

Alkisah, cerita dimulai dengan sebuah keluarga kecoa yang terdiri dari ibu dan sepasang anaknya. Suatu hari ibu kecoa mati terinjak manusia. Sepasang anak ini sedih bukan alang kepalang, mereka menangisi ibu mereka dan bertekad untuk membalas dendam kepada manusia.

Abang adik ini menyusun rencana, si adik perempuan tak sabar ingin bertindak, sementara sang abang masih sibuk susun strategi. Suatu malam, saat sang abang tidur, ia menyelinap pergi menuju sebuah rumah untuk melampiaskan dendamnya. Namun apa daya sang adik pun mati dengan cara tragis, bersamaan ketika sang kakak hendak menyelamatkannya. Namun terlambat. Tinggallah sang kakak menangis pilu.

Dendam membara membuat kecoa muda rajin berlatih ala tentara. Push up, angkat berat, dan rajin nge-gym. Kini tubuh kecoa muda ini menjadi bidang dan kuat mirip Logan. Dengan dada sixth pack, ia mentasbihkan diri menjadi President para kecoa.

Sampai suatu hari President kecoa bertemu dengan Allesandro dell Indro, ketua para kelelawar yang juga memiliki dendam kesumat dengan manusia. Akhirnya dua mahluk ini memutuskan berkolaborasi melawan manusia.

Bagaimana kelanjutan cerita yang ditulis oleh Renato Adhitama ini?

Akankah President kecoa berhasil menuntaskan dendam atas kematian keluarganya? Dengan bahasa yang ringan dan kocak, webtoon ini menjadi hiburan tersendiri bagi penggemar komik digital.

4. Eggnoid

Adalah Kirana (Ran) gadis yatim piatu yang suatu hari menemukan telur, yang kemudian menetas menjadi seorang cowok cakep yang dinamai Eggy Ran mengasuh Eggy dan mengajari cara bersosialisasi, padahal ia sendiri cenderung tertutup. Ran yang duduk di bangku SMA ini betah menjomblo meski dikelilingi cowok-cowok cakep yang menyayanginya. Ran kaya raya dan hidup sendiri di sebuah rumah besar peninggalan orang tuanya, hartanya dijamin gak bakalan kering sampai 7 turunan. Urusan wajah pun di atas rata-rata alias cakep.

Singkat cerita, Ran dan Eggy tak terpisahkan. Eggy punya peran yang multi-fungsi; sahabat, bodyguard, tempat curhat, partner piano, dan sebagainya. Nah, Ran mendengar bahwa Eggy dan Grace pacaran. Tapi ia tidak pernah menanyakan kebenaran gosip itu ke Eggy.

Banyak lagi karakter lain yang menambah keseruan webtoon ini, yang membuat pembaca semakin gemas dan tak sabar mengikutinya. Sosok pembuat komik ini, Archie The RedCat memang misterius, ia selalu menyembunyikan wajah aslinya bahkan di akun medsos-nya. Archie memang unik, seunik tokoh-tokoh cerita yang diciptakannya.

Pembaca setia ‘Eggnoid’ akan terbawa gemas dengan karakter Ran, sampai menuliskan pesan. “Percuma bareng terus sama gebetan cakep kalo gak ditembak-tembak. Terlalu fokus sama gebetan yang sering PHP-in atau kebanyakan kriteria kalo nyari pacar bisa bikin kamu jadi jomblo yang layu sebelum berkembang.” Hahaha….

5. DICE

Bercerita tentang seorang remaja bernama Dong Tae yang sangat benci dengan kehidupannya. Dia sering di bully oleh teman sekolahnya dan dijadikan pesuruh karena tubuhnya yang kecil, wajahnya kurang tampan, dan tidak pintar. Sangat berbeda dengan teman sebangkunya, Taebin yang tampan dan pintar serta populer di sekolah walau pun dia murid baru.

Pertama kali masuk sekolah Taebin menjadi pusat perhatian, terlebih lagi pada saat Taebin berkelahi dengan orang yang sering mem-bully Dong Tae. Taebin dapat menggalahkan sekelompok orang padahal Taebin hanya seorang diri.

Suatu hari Taebin menawarkan Dong Tae sebuah permainan yang bakal merubah hidupnya, Dice. Setelah menjadi Dicer (pemain dice) kehidupan Dong Tae berubah drastis. Menjadi tampan, kuat, tinggi, dan nilai-nilainya pun mulai membaik. Semua benar-benar berubah saat ia mengenal ‘DICE’. Dong Tae memiki kecepatan diatas rata-rata para Dicer karena dia menambahkan point ke Agility.

Taebin berpacaran dengan Eunjoo, ini membuat Dong Tae iri karena ia sangat menyukai Eunjoo tetapi tidak pernah berani menyatakannya. Di balik sifat yang pendiam, Taebin termasuk salah satu Dicer yg sangat kuat karena dialah yang pertama kali menggunakan Dice. Taebin adalah Dicer peringkat A sama seperti Dong Tae, keduanya memiliki kemampuan khusus yaitu Teleportasi.

Eunjoo adalah satu satunya Dicer yang tidak bertransformasi secara fisik sama sekali. Eunjoo sebenarnya sangat membenci Dice, ia beranggapan semua temannya menjadi pembunuh karena Dice. Kalaupun akhirnya Eunjoo juga menjadi seorang Dicer, ia ingin menggunakan Dice untuk menghentikan Dice serta semua kekacauan ini. Ditengah cerita, Eunjoo memutuskan untuk menjadi musuh Dong Tae. Eunjoo disebut sebagai Dicer terkuat, karena memiliki 2 kemampuan yaitu Levitation dan Psychokinesis. Lalu muncul, Mio yang sehati dengan Dong Tae, yang berpikir bahwa dunia ini tidak adil. Mio menyukai Dong Tae. 

Bagaimana 4 Dicer dengan kelebihan masing-masing ini membuat webtoon ini semakin menantang untuk diikuti. Sang komikus Yun Hyunseok meramu cerita dengan lihai dan menarik.

Seru kan? Walaupun begitu, jangan sampai lupa bahwa terlalu banyak melihat layar monitor ataupun handphone akan membuat mata kamu kering. Jadi, siapakan selalu Insto Dry Eyes supaya mata kamu tidak kering karena aktivitasmu. Selamat membaca!

Referensi:

Quick fact

Seru kan? Walaupun begitu, jangan sampai lupa bahwa terlalu banyak melihat layar monitor ataupun handphone akan membuat mata kamu kering. Jadi, siapakan selalu Insto Dry Eyes supaya mata kamu tidak kering karena aktivitasmu. Selamat membaca!

Related